Grand Opening Sindoro Hotel Cilacap by Conary

Selamat Datang di Sindoro Hotel Cilacap by Conary!

Senang rasanya saya dan teman-teman Blogger Cilacap bisa turut hadir dalam grand launching Sindoro Hotel Cilacap by Conary yang dilaksanakan pada Selasa, 03 Maret 2020 lalu. Acara peresmian digelar di ballroom Anggraeni yang terletak di lantai 5. Saya disambut dengan senyum hangat para karyawan yang berjaga di depan pintu masuk. Di dalam ballroom sudah banyak tetamu yang datang, sepertinya sih perwakilan dari berbagai institusi yang ada di lingkungan kota Cilacap.

Dihadiri oleh Tamu Penting

Di acara peresmian ini banyak sekali tamu kehormatan yang hadir. Di antaranya bupati Cilacap, Bapak H. Tatto Suwarto Pamuji beserta jajaran pejabat yang mewakili. Tampak pula mantan gubernur Jawa Tengah Bapak Letjen Purn. Bibit Waluyo beserta istri, Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian, serta Wakapolres Cilacap Bapak Kompol Agus Sulistyanto.

Semarak dengan Adat dan Budaya Jawa yang Kental

Acara peresmian siang itu berlangsung meriah dengan suasana budaya Jawa yang kental. Para tamu disuguhkan dengan tarian-tarian tradisional seperti tari Gambyong, yang merupakan tarian untuk menyambut para tamu. Tarian ini dibawakan oleh adik-adik dari SMA Negeri 1 Cilacap. Ada lagi pertunjukan Sendratari Kamandaka yang sudah terkenal di lingkungan masyarakat Cilacap. Sebagai musik pengiring, panitia mendatangkan grup gamelan dari kecamatan tetangga, Adipala.

“Panggonane Kepenak, Pelayanane Grapyak” : Bukan Sekadar Slogan

Acara secara resmi dibuka oleh Bapak Hari, selaku ketua panitia grand launching Sindoro Hotel Cilacap by Conary. Dalam pidatonya, Pak Hari memperkenalkan slogan hotel yakni “Panggonane Kepenak, Pelayanane Grapyak” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Tempatnya Enak, Pelayanannya Ramah”. Beliau berharap Sindoro Hotel akan mampu memberikan manfaat dari segi ekonomi, mampu memberikan kontribusi pada daerah dan pengembangan pariwisata serta membuka lapangan pekerjaan baru.

Photo by Muddasir Faisal Khak

Serah-Terima Sertifikat Hotel, Penandatangan Prasasti dan Pemukulan Gong

Acara selanjutnya penyampaian kata sambutan oleh Bapak H. Muhammad Sudiro Atmoprawiro selaku pemilik Sindoro Hotel Cilacap yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dari pihak LSU (Lembaga Sertifikasi Usaha) yang menandakan bahwa Sindoro Hotel Cilacap, sebagai usaha pariwisata sudah mendapatkan legalitas operasi. Sertifikasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu produk pariwisata, pelayanan, dan pengelolaan usaha pariwisata melalui audit. Usaha pariwisata lebih dipandang masyarakat serta lebih leluasa memasarkan produk yang ditawarkan.

Photo by Muddasir Faisal Khak

Puncak acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong oleh Bapak Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji. Maka dengan ini Sindoro Hotel Cilacap by Conary telah resmi beroperasi sebagai hotel bintang 3 di Cilacap.

Photo by Muddasir Faisal Khak
Photo by Muddasir Faisal Khak

Wajah Baru Sindoro Hotel Cilacap

Tahun 2014 saat saya pertama kali menginjakkan kaki di kota ini, Sindoro Hotel masih dalam wujud bangunan lama yang menjadi ciri khas hotel nonbintang. Berdasarkan informasi dari pemilik hotel, Sindoro Hotel telah berdiri puluhan tahun. Lalu pada 20 Agustus 2018, bangunan lama hotel ini mulai dipugar dan di sebelahnya dibangun gedung baru yang lebih megah. Setelah disahkan menjadi hotel bintang 3, Sindoro Hotel Cilacap tampil dengan wajah baru yang lebih modern.

Photo by Muddasir Faisal Khak

Dari Sindoro Hotel Cilacap Bisa Ke Mana-mana

Sindoro Hotel Cilacap by Conary terletak di pusat kota, artinya lokasinya strategis dekat dengan fasilitas-fasilitas umum seperti tempat makan, minimarket, pusat perbelanjaan, perbankan, dan kantor pemerintahan. Bagi yang suka membaca buku seperti saya, sekitar 50 meter dari hotel terdapat Perpustakaan Daerah yang bisa dikunjungi setiap hari dari Senin sampai Sabtu, dari pagi hingga sore hari.

Bila ingin merasakan suasana rileks sekaligus bermain air, pengunjung bisa berkendara ke Pantai Teluk Penyu yang dapat dijangkau dalam waktu kurang dari 10 menit dari hotel. Tidak jauh dari pantai, pengunjung bisa berwisata sejarah ke Benteng Pendem yang merupakan benteng peninggalan zaman Belanda.

Bukan cuma itu, pengunjung juga bisa menikmati keseruan malam minggu di alun-alun kota Cilacap yang jaraknya pun tak jauh dari hotel. Masih kurang puas main di alun-alun di malam Minggu? Bisa kok dilanjut lagi di hari Minggunya karena setiap Minggu pagi ada car free day di mana masyarakat Cilacap berkumpul tumpah ruah di alun-alun. Di sini pengunjung bisa berolahraga atau sekadar nongkrong sambil jajan-jajan asik mencicipi kuliner khas Cilacap.

Mengintip Fasilitas Sindoro Hotel Cilacap

Memiliki 9 Tipe Kamar

Gedung baru Sindoro Hotel Cilacap memiliki 40 kamar dengan beragam tipe kamar. Total ada 9 tipe kamar yang ditawarkan hotel ini yaitu ada Standard Room yang terdiri dari Standart Twin dan Standard Double. Superior Room, terdiri dari Superior Twin dan Superior Double. Lalu ada Superior Family Room. Ada lagi Delux Room, terdiri dari Deluxe Twin dan Deluxe Double. Kemudian ada Junior Suite dan terakhir ada Sindoro Suite. Gedung lama Sindoro Hotel sendiri masih beroperasi hingga saat ini. Tentu, tarifnya berbeda dengan kamar di gedung baru.

Feeling Homey di Junior Suite

Junior Suite memiliki luas 30 meter persegi. Di kamar ini tersedia satu tempat tidur king size, lengkap dengan televisi LED berukuran 32 inchi, sepasang kursi tamu, mini bar (coffee and tea facilities), desk work area, serta kamar mandi yang bersih. Semua kamar mandi di hotel ini menggunakan shower.

Superior Family Room, Kamar Nyaman untuk Keluarga

Berlibur dengan keluarga besar tentunya memerlukan space yang juga besar. Sindoro Hotel Cilacap telah menyiapkan kamar yang pas untuk kenyamanan semua keluarga yaitu Superior Family Room. Di suite tersebut terdapat dua kamar yang terhubung dengan connecting door untuk memudahkan mobilisasi. Satu kamar berisi dua single bed dan satunya terdapat sebuah ranjang king size, masing-masing kamar memiliki fasilitas yang sama dengan kamar Junior Suite.

Sindoro Suite, Kamar Luas dengan Fasilitas Paripurna

Kamar yang paling besar di Sindoro Hotel adalah Sindoro Suite. Kamar ini luasnya 120 meter persegi. Di dalamnya terdapat ruang tamu pribadi yang bisa dipakai pengunjung untuk menyambut para tamu sehingga kesan intim lebih terasa. Hanya terdapat satu tempat tidur king size di kamar ini. Desain kamar mandi Sindoro suite sebetulnya sama dengan kamar tipe lain. Hanya saja kamar mandi Sindoro suite ukurannya lebih luas. Sindoro suite bisa dikatakan memiliki fasilitas kamar paling lengkap.

Pelayanan Kamar Plus-Plus

Bagi pengantin baru yang sedang berbulan madu, Sindoro Hotel menyediakan paket honey moon yang secara khusus akan mendekor kamar dengan suasana lebih romantis. Untuk yang sedang berbahagia karena bertambahnya umur, pengunjung juga bisa request kamar dengan dekorasi ulang tahun yang meriah.

Area Lobby yang Memesona

Kesan mewah sudah terasa saat memasuki lobby hotel ini. Di depan pintu masuk, sebuah vas bunga besar berdiri megah lengkap dengan sebuah lampu hias mewah yang menggantung di atasnya. Di sisi kiri pintu masuk bisa dijumpai beberapa set kursi tamu berwarna merah menyala bergaya a la Victoria dan sebuah kafe yang didesain modern. Di sisi kanannya terdapat resepsionis dan sebuah tangga menuju lantai satu yang dirancang menyerupai red carpet. Tangga ini menjadi spot pilihan pengunjung untuk berswafoto karena desainnya yang instagramable.

Bangunan 5 Lantai

Sindoro Hotel Cilacap by Conary memiliki 5 lantai. Pengunjung bisa menginap dengan berbagai pilihan kamar di lantai 1, 2, dan 3. Informasi dari petugas yang mengantar kami berkeliling ruangan, best view hotel ini berada di lantai 3. Sayangnya kami tidak bisa mengeksplor ke sana karena semua kamar telah dihuni oleh keluarga pemilik hotel.

Ballroom dan Musala

Di lantai 5 terdapat dua ballroom (Anggraeni dan Surtikanti) yang berkapasitas kurang lebih 100 sampai 200 orang. Dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar, maka ballroom ini sangat cocok digunakan untuk rapat kantor, seminar ataupun arisan.

Di lantai 5 ini juga terdapat musala dengan ruang cukup luas yang menjamin kenyamanan beribadah. Pihak hotel juga telah menyiapkan mukena yang bisa dipakai pengunjung.

Makan Enak di Madukoro Resto

Untuk menikmati kelezatan hidangan a la chef Sindoro Hotel, pengunjung bisa langsung ke Madukoro resto yang letaknya di lobby hotel. Resto ini juga menyediakan smoking room bagi pengunjung yang ingin bersantap sambil menyesap rokok. Di dekat resto ini, terdapat Branjangan Cafe yaitu tempat makan yang lebih kecil, cocok untuk kongkow-kongkow sambil menyeruput secangkir kopi.

Madukoro Resto

Fasilitas Pendukung Lainnya

Sindoro Hotel dilengkapi dengan fasilitas wajib yang sudah terstandar keamanan dan kenyamannya seperti lift, tangga darurat, alat pemadam kebakaran (fire estinguisher), wifi, kamera pengawas, restroom dan area parkir.

Spot Instagramable di Sindoro Hotel Cilacap

Berbiacara soal spot instagramable, satu lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah tangga penghubung antara gedung lama dan gedung baru hotel ini yang dicat warna-warni menyegarkan mata. Tangga ini juga menjadi spot yang pas untuk berselfie ria. Kami tentunya tidak menyia-nyiakan momen ini. Begitu kamera on, kami langsung pasang gaya. Cekrek. Taraaaa!

Photo by Muddasir Faisal Khak

Bisnis Hotel yang Tak Pernah Lesu

Kota Cilacap sudah banyak berkembang beberapa tahun belakangan ini. Hal itu ditandai dengan banyaknya pembangunan di berbagai sektor. Sektor pariwisata turut menyumbang pembangunan daerah. Dengan hadirnya Sindoro Hotel Cilacap by Conary semakin meramaikan bisnis perhotelan di kota ini. Dalam pidatonya, Bapak Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji mengharapkan, Sindoro Hotel tidak hanya menawarkan tempat yang nyaman dan pelayanan yang ramah, tetapi juga menawarkan harga yang ramah di kantong.

Selamat dan sukses atas grand launching Sindoro Hotel Cilacap by Conary. Semoga Sindoro Hotel bisa menjadi pilihan terbaik pewisata di tengah gempuran hotel-hotel baru yang semakin menjamur di kota Cilacap.

Sindoro Hotel Cilacap
Jalan Jenderal Sudirman No. 1, Sidakaya
Cilacap,  Jawa Tengah
Telp : (0282) 533543
Mobile Apps : 0858 4231 2635
sales@sindorohotel.com
http://www.sindorohotel.com

Published by fitriamayrani.reads

Tukang baca buku dan pemakan tekwan profesional

5 thoughts on “Grand Opening Sindoro Hotel Cilacap by Conary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: