Knives Out : ‘Drama Keluarga’ yang Berujung Maut

Daniel Craig dan Chris Evans, kita mengenal mereka lewat peran-peran yang begitu khas dalam film-film laris Hollywood. Daniel Craig sangat lekat dengan peran James Bond-nya. Sedangkan Chris Evans sukses membranding diri lewat perannya sebagai Captain America. Dalam film Knives Out, keduanya mendapat peran yang 180 derajat berbeda dengan film mereka terdahulu. Inilah alasan kenapa aku maksa banget nonton film ini karena pengen liat gimana dua aktor tersebut berperan jadi “orang lain”.

MY HOUSE, MY RULE, MY COFFEE

Harlan Thrombey (Christopher Plummer) adalah seorang penulis cerita misteri tersohor yang sudah sepuh. Karyanya sukses di pasaran dengan angka penjualan fantastis. Maka nggak heran kalo Pak Harlan ini jadi penulis senior yang kaya raya. Di rumahnya yang mirip kastil itu, ada banyak banget buku berjejer yang memanjakan mata kutubuku 😍

Di hari jadinya yang ke-85, Pak Harlan mengundang seluruh keluarganya yang terdiri dari anak, mantu, cucu, beserta ibunya untuk hadir di pesta perayaan ulang tahunnya. Pesta itu berjalan selayaknya acara keluarga biasa, semua anggota berkumpul, tampak menikmati acara, makan minum dan ngobrol-ngobrol. Di saat yang sama, Pak Harlan dan Ransom (Chris Evans) terlibat percekcokan yang membuat Ransom walk out dari pesta itu. Dan boom! Keesokan harinya Pak Harlan ditemukan tewas oleh asisten rumah tangganya, Fran (Edi Patterson) dengan leher tersayat pisau.

Pak Harlan tinggal sendirian di rumahnya yang megah. Di rumah itu Pak Harlan sesekali ditemani oleh perawat paruh waktu bernama Marta Cabrera (Ana de Armas) untuk mengurusi dan membantunya minum obat. Pak Harlan sayang dan baik banget sama Marta. Pak Harlan ini orangnya kesepian, jadi dia banyak cerita tentang keluarganya sama Marta termasuklah cerita tentang borok-borok anak, mantu dan cucunya. Marta sendiri gadis baik-baik. Loyal dan berdedikasi tinggi sama majikannya. Dia juga sayang sama Pak Harlan. Saat tahu Pak Harlan meninggal, dia sedih banget.

PENYELIDIKAN DIMULAI

Detektif Benoit Blanc (Daniel Craig) mendapat surat dan segepok uang dari seorang klien misterius. Detektif Blanc diutus untuk mengusut kasus kematian Pak Harlan yang menurut dugaan klien misterius tersebut adalah kasus pembunuhan berencana. Nggak lama setelah Pak Harlan dimakamkan, detektif Blanc bersama dua orang polisi, Letnan Elliot (Lakeith Stanfield) dan Trooper Wagner (Noah Segan) memanggil satu per satu anggota keluarga Thrombey untuk memberikan kesaksian, termasuk juga mengorek informasi dari Marta. Nah, tokoh Marta ini unik. Dia memiliki kecenderungan medis yang aneh, yaitu apabila dia berbohong, dia akan muntah. Ini tentunya menguntungkan proses investigasi karena darinya akan diperoleh informasi yang benar. Meski begitu, detektif Blanc mencurigai ada yang berbohong dalam memberikan keterangan. Blanc percaya masing-masing dari mereka memiliki motif yang kuat untuk bisa menghabisi nyawa Pak Harlan.

Knives Out karya sutradara Rian Johnson mengambil gaya penceritaan “whodunnit” (who [has] done it? atau who did it?) yaitu salah satu plot cerita sub genre dari kisah detektif, kriminal, atau misteri yang mengajak para pemirsanya untuk bersama menerka kira-kira siapa pelaku dari kejahatan yang tengah dilakukan dalam kisah tersebut (Detective ID, 2015). Sebetulnya alur dan plot cerita film ini sederhana, nggak ada aksi spektakuler yang membuat penonton ternganga atau pun efek spesial yang mendramatisir adegan. Singkatnya, film ini nggak jauh beda dengan kisah misteri pembunuhan di novel-novel Agatha Christie atau serial Cormoran Strike. Para penonton digiring untuk menerima informasi yang kemungkinan besar menjadi akhir kasus tetapi kembali dimunculkan konflik dan twist yang membuat para penonton bertanya-tanya, misteri apa yang tersembunyi di balik kasus ini?

BERTABUR BINTANG

Chris Evans benar-benar keluar dari bayang-banyang Captain America. Di film ini dia berperan sebagai cucu tertua Pak Harlan yang antihero, brengsek literally brengsek, nackal, licik juga. Dari semua anggota keluarga Thrombey, cuma dia yang kerjanya nggak jelas tapi punya rumah mewah 😆 Sementara keluarga yang lain sudah sukses meniti karier masing-masing. Mamaknya (Jamie Lee Curtis) punya perusahaan real estate. Omnya (Michael Shannon) bantu-bantu di perusahaan penerbitan Pak Harlan. Istri mendiang omnya yang lain, Joni (Toni Collette) punya toko kosmetik sekaligus influencer.

Daniel Craig pun sukses melepaskan atributnya sebagai James Bond. Craig berhasil menjadi sosok yang sangat berbeda : nyentrik dan sedikit jenaka.

Ana de Armas seperti memerankan dirinya sendiri di film ini. Ana yang berasal dari Kuba memerankan Marta yang merupakan imigran di Amerika. Di beberapa adegan kita akan mendengar Marta, ibu, dan saudara perempuannya berbicara dalam bahasa Spanyol.

Oh ya, jangan lupakan Jaeden Martell yang naik daun lewat perannya sebagai Bill Denbrough, si pemimpin yang pemberani dalam film IT. Di film ini, Jaeden kebagian peran jadi anak pasangan Walter dan Donna Thrombey yang kerjanya hapean bae.

PENUTUP

Di tengah maraknya film adaptasi komik, novel atau pun remake yang kini menggempur dunia perfilman Hollywood, Knives Out hadir dengan keaslian naskah yang digarap sendiri oleh Rian Johnson. Ini membuktikan bahwa film di luar adaptasi naskah  bisa menjadi karya yang luar biasa. Dan jika kalian menyukai cerita detektif ala Agatha Christie (dan Cormoran Strike), Knives Out bisa menjadi pilihan tontonan yang setipe itu. Film ini seru, aku suka!

IMG_20191216_122500

Tanggal rilis : 10 Desember 2019 (Indonesia)

Durasi : 130 menit

Genre : Misteri, thriller

Pemeran : Daniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Michael Shannon, Don Johnson, Toni Collette, Christopher Plummer, Jaeden Martell.

Sutradara : Rian Johnson

Skor pribadi : 8.5/10

Published by fitriamayrani.reads

Tukang baca buku dan pemakan tekwan profesional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: