[REVIEW NOVEL] The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared

IMG-20140715-00631

The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared adalah karya fenomenal besutan penulis Swedia, Jonas Jonasson. Novel ini pertama kali rilis di Swedia pada tahun 2013 dan sudah difilmkan. Label persuasif yang tertera pada sampul depan Telah terbit di 40 negara mendorong saya untuk mencomot novel ini dari rak toko buku.

Judul : The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared
Pengarang : Jonas Jonasson
Penerjemah : Marcalais Fransisca
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 508
ISBN :978-602-291-018-3

Allan Karlsson, pria tua berusia seratus tahun. Maniak vodka. Pada hari Senin, 2 Mei 2005 tepat di hari ulang tahunnya, melompat dari jendela kamarnya untuk menghindari perayaan pesta ulang tahunnya yang keseratus, kurang dari satu jam sebelum pestanya dimulai. Perjalanan itu tak terencana. Namun kaki tuanya mampu menuntunnya ke Terminal Bus Malmköping. Meski sudah berada di terimal, tetap saja destinasi minggatnya masih belum jelas. Lalu dilihatnya jadwal keberangkatan bus. Matanya tertuju pada jadwal bus nomor 202 tujuan Strängnäs yang akan berangkat tiga menit lagi.

Di Terminal Bus Malmköping, Allan bertemu seorang pemuda berambut pirang panjang berminyak, membawa sebuah koper besar, dan berjaket denim yang bertuliskan Never Again di bagian punggungnya. Karena kebelet, pemuda tersebut menitipkan koper besar miliknya pada Allan. Bukannya menunggu pemuda itu menyelesaikan ‘hajatnya’, Allan justru membawa koper itu bersama rencana kaburnya ke Strängnäs. Pikir Allan, koper itu berisi pakaian yang nantinya bisa ia pakai di hari-hari pelariannya.

Siapa sangka, koper besar yang telah berpindah tangan itu membawa petaka untuk Allan. Karena koper itu, Allan dikerjar-kejar kelompok gangster Never Again. Kelompok kriminal tersebut terus menguntit keberadaan Allan. Sedangkan Allan sendiri tak mengetahui dirinya berada dalam bahaya. Tersebab koper ini juga, Allan menjadi buronan polisi. Awalnya pihak Rumah Lansia hanya membuat laporan atas hilangnya Allan dari tempat itu. Namun, kasus berkembang menjadi tindakan kriminal yang melibatkan Allan. Mengapa kelompok gangster dan polisi begitu bernafsu mencari Allan? Apa gerangan isi dalam koper tersebut?

Allan, tokoh sentral dalam novel ini memang unik. Allan memiliki selera humor yang baik. Hanya Allan yang mampu mengalihkan interogasi menjadi lawakan. Untuk plot, novel ini menggunakan alur maju-mundur. Alur maju menceritakan petualangan Allan pasca melarikan diri dari Rumah Lansia sedangkan alur mundur mengisahkan kehidupan Allan semasa kecil hingga berusia lanjut. Allan muda tumbuh di era abad kedua puluh. Semasa hidupnya, Allan memiliki relasi yang baik dengan para petinggi dunia. Pekerjaan Allan adalah sebagai peledak dinamit, para petinggi dunia memanfaatkan jasa Allan untuk perang.

Novel ini diterjemahkan dengan baik. Alur ceritanya mengalir dan saya bisa masuk ke dalam cerita meski ada beberapa bagian yang membuat dahi saya mengernyit. Namun, saya merasa di bagian alur mundur diceritakan pada porsi terlalu panjang, harusnya beberapa bagian dipotong supaya bisa lebih fokus di bagian pasca Allan melarikan diri dari Rumah Lansia. Saya percaya, ceritanya akan lebih menegangkan jika penulis memberikan porsi yang lebih di bagian petualangan Allan membawa kabur koper kelompok gangster.

Bagian akhir novel ini memberikan kejutan bagi pembaca Indonesia. Apakah itu? Yuk, cari tahu kisahnya dalam novel yang telah diterbitkan di 40 negara ini!

banner-the-100-yoman-resize

10 thoughts on “[REVIEW NOVEL] The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared

  1. Selamat malam Kak sabdatukangbaca, semenjak era ebook buku-buku seperti ini tidak terdengar olehku, bahagianya bisa mampir blog ini. kakak sudah tamat membacanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s