A Street Cat Named Bob

ImageJika bertemu kucing lucu apa sih reaksi kita? Otomatis tangan ini pengin belai-belai, elus-elus,  pengin gendong, atau bisa jadi pengin dibawa pulang. Kucing adalah satu di antara hewan menggemaskan yang banyak dipelihara kebanyakan orang selain anjing. Kucing tak sekedar hewan peliharaan. Lebih dari itu, kucing bisa dijadikan sahabat sekaligus obat pelipur lara kala sepi. Tingkahnya yang lucu nan menggemaskan menjadi hiburan tersendiri.

Adalah James Bowen, pengamen jalanan di sudut kota London, memulai babak baru hidupnya ketika menemukan seekor kucing jantan berbulu jingga yang sedang duduk manis di koridor rumah susunnya pada Kamis petang di bulan Maret. James mengira kucing itu milik seseorang, namun setelah James bertanya kesana kemari tidak ada yang mengaku kehilangan ataupun memiliki kucing itu. Menyadari kucing itu bukan miliknya, lantas James membiarkan kucing itu tetap duduk manis di koridor rumahnya. Namun siapa sangka, kucing malang tak bertuan itu ternyata setia menunggui James pulang mengamen pada hari-hari berikutnya. James yang iba lalu memutuskan untuk memeliharanya.

James menamainya Bob. Uhh, nama yang jantan sekali! Bob sebenarnya sakit, tubuhnya penuh luka, kepalanya pitak dan jalannya agak pincang karena luka menganga pada kakinya. James Bowen yang baik hati lalu membawanya ke RSPCA (Rescue Dogs, Cats, Pets, Horses atau Penyelamat Anjing, Kucing, Hewan Peliharaan, dan Kuda) untuk mendapatkan pengobatan atas luka-luka Bob.

James merawat dan memperlakukan Bob  layaknya anak sendiri. Karena kasih sayang yang tulus  itu membuat Bob tak mau ditinggalkan James. Setiap hari Bob ikut James mengamen di Covert Garden. Uniknya, Bob selalu bertengger di pundak James dengan manisnya. Pemandangan unik ini tentu menarik perhatian pejalan kaki di sepanjang Covert Garden. Sebentar-sebentar James menghentikan langkahnya hanya karena seseorang atau dua orang ingin mengelus-elus Bob sambil berujar “Tampan sekali kucingnya!” atau “Kalian berdua cocok sekali!”

Bagi James, pertemuan tak sengaja dengan Bob merupakan berkah. Bob lucu, tampan, dan menggemaskan, semua orang menyayanginya. James merasakan betul perbedaan penghasilannya mengamen sebelum dan sesudah kedatangan Bob. Ya, Bob mendatangkan penny lebih banyak dibandingkan dengan James mengamen sendirian.

James sebetulnya pecandu narkoba. Hidupnya kacau, sempat menggelandang sebelum akhirnya menemukan tempat yang layak di rumah susun sederhana. Hubungan dengan keluarganya juga terbilang tidak harmonis. Boleh dibilang James anak buangan yang tak memiliki masa depan. Saat menemukan Bob, James sedang menjalani terapi penyembuhan ketergantungan obat-obatan terlarang. Kehadiran Bob mengubah pandangan hidupnya. Ia bertekad untuk sembuh dan menata kembali hidupnya yang berantakan. Etos kerjanya meningkat karena rasa tanggung jawabnya pada Bob yang harus ia hidupi. Namun James kembali diuji. Beberapa tahun menjadi musisi jalanan, James beralih pekerjaan menjadi penjual surat kabar Big Issue karena pekerjaan sebagai musisi jalanan tak lagi menjanjikan kehidupan yang layak baginya dan Bob. James dilarang mengamen lagi.

Sebetulnya kisah kucing seperti ini bukanlah hal yang baru. Sebelumnya ada Dewey, Kucing Bernama Dickens, dan kumpulan cerita The Cat Stories. Hanya saja saya baru kali ini membaca cerita kucing yang diangkat dari kisah nyata.  Kisahnya menarik, inspiratif, mengharukan, dan begitu menghangatkan hati.  Di beberapa bagian, saya sempat menitikkan air mata karena tersentuh dengan kisahnya.

Tentang Penulis :

James Bowen adalah seorang musisi jalanan di London, Inggris. Dia menemukan Bob si kucing berbulu jingga pada musim panas 2007 dan sejak itu pasangan ini tak terpisahkan. Kisah terbaru petualangan James dan Bob bisa diikuti melalui akun Twitter pribadi Bob :@streetcatbob

 

Judul buku : A Street Cat Named Bob

Pengarang : James Bowen

Penerjemah : Istiana Prajoko

Tebal Halaman : 320 Halaman

Penerbit : Serambi Ilmu Semesta

ISBN : 978-979-024-393-4

Harga : Rp39.000,00

Rating Pribadi : 5 of 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s