Review Singgah

Image

Terminal, bandara, pelabuhan, stasiun :

Tempat persinggahan, keberangkatan, perhentian.

Mengantar pergi, menjemput pulang.

Membaca Singgah kembali membuka memori di masa lalu. Teringat akan mantan kekasih yang kini betah bekerja di Pulau Jawa. Terminal Karya Jaya, Palembang, kala itu menjadi saksi kepergiannya menuntut ilmu. Sedih sih sudah pasti, karena saya akan ditinggalkan dalam kurun waktu yang cukup panjang. Hanya bermodal handphone dan jejaring sosial sebagai media pelepas rindu. Tapi ya sudahlah, toh kami juga sudah gak sama-sama lagi. :P

Berisi 13 cerita, 11 penulis. Hampir semua kisah bercerita tentang cinta dengan setting sarana transportasi umum (bandara, terminal, stasiun, pelabuhan), meski ada sih yang agak melenceng dari temanya. Ini dia ketiga belas cerita tersebut :

JANTUNG by Jia Effendie

Sebetulnya cerita ini agak menyeramkan. Si cewek membedel jantung sang kekasih agar tetap bisa satu hati dengan kekasihnya. Bergegas ia melarikan diri ke stasiun. Sampai di stasiun, si cewek bertemu dengan seorang wanita tua yang juga menginginkan jantung tersebut.

DERMAGA SEMESTA by Taufan Gio

Kisah ini manis sekali. Seorang pria menapak tilas jejak kekasihnya. Melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan kekasihnya; memotret, makan di warung nasi, minum segelas teh, dan memberi makan seekor anjing buluk bernama Snowy. 

MENUNGGU DINI by Alvin Agastia Zirtaf

Cerita ini menjadi favorit saya, tentang seorang Pak Tua berpeci lusuh yang setia menunggu di stasiun. Menantikan kedatangan istrinya yang bekerja di Jakarta. Padahal sebetulnya, istrinya sudah tiada.

MOKSHA by Yuska Vonita

Ini kisah tentang anak yang dijodohkan orangnya. Shivani Gupta dijodohkan dengan Vikram karena terikat adat. Namun Shivani hanya jatuh cinta pada Pandji. Shivani akhirnya bermeditasi ke India untuk menentukan pilihan hatinya. Ketika kembali ke tanah air, Shivani bertemu Pandji di bandara. Shivani menentang keluarganya dengan memilih Pandji sebagai pendamping hidup.

KEMENANGAN APUK by Bernard Batubara

Berkisah tentang Apuk, pemuda Sungai Kapuas yang tak bisa berenang. Tindakan konyolnya menantang derasnya arus Sungai Kapuas mengakibatkan dirinya kehilangan nyawa. Saya setuju dengan salah satu Goodreaders bahwa cerita ini gak ada sangkut pautnya dengan tempat persinggahan.

LANGIT DI ATAS HUJAN by Dian Harigelita

Kinan masih belum tahu dimana sebetulnya hatinya benar-benar singgah; pada Angga atau Ardy. Angga bisa jadi teman diskusi yang asik, tempat bersandar yang nyaman bagi Kinan. Sedangkan Ardy, kekasih setia dan penyayang.

SEMANIS GENDHIS by Anggun Prameswari

Seseorang memendam rasa cinta di terminal. Sukro, pedagang asongan mengagumi Gendhis pemilik warung kopi yang sudah bersuami. Rupanya ada bumbu cinta dalam kopi manis yang dibuatkan untuk Sukro. Tapi keinginan Sukro untuk tetap mengagumi dan menikmati kopi buatan Gendhis gak bisa selamanya. Panas api membakar terminal, memaksanya mengucapkan selamat tinggal pada Gendhis.

RUMAH UNTUK PULANG by Anggun Prameswari

Saya suka karakter Arum, sekilas mirip orang stress. Karakternya hampir mirip dengan Pak Tua di cerita Menunggu Dini. Ceritanya oke. Tentang seseorang yang mencari tempat ‘persinggahan’ abadinya.

MEMANCING BINTANG by Aditia Yudis

Suka juga sama cerita ini. Ceritanya ‘nyastra’ banget. Ada makna tersirat yang memancing pembaca untuk mikir. Nic meminta Grace untuk jadi partner memancingnya. Partner memancing di sini ternyata bukan dalam arti yang sebenarnya. Maksudnya Nic itu ngajakin Grace nikah ternyata. :D

PARA HANTU DAN JEJAK-JEJAK DI ATAS PASIR by Adellia Rosa

Membaca cerita ini bikin kening saya mengkerut dan bertanya-tanya, ”Ini ceritanya tentang apa sih?” Baru ngerti di akhir-akhir cerita. Jadi intinya saudara kembar yang udah meninggal ini ngajakin saudaranya yang satu lagi untuk ikut ke dunianya.

KOPER by Putra Perdana

Sebetulnya adegan di cerita ini mirip film action Hollywood. Cuma saya agak ngerasa bosan dengan alur ceritanya yang berputar-putar. Ada hal yang gak jelas yang bikin saya penasaran di cerita ini. Apa sebetulnya isi koper yang ketukar itu?

PERSINGGAHAN JANIN DI PELABUHAN CERITA by Artasya Sudirman

Membaca cerita ini seperti menikmati buku travelouge. Cerita perjalanan solo Venus menembus Yunani. Venus bertemu dengan roomate di kapal pesiar, seorang nenek berusia 85 tahun yang sangat mencintai laut.

PERTEMUAN DI DERMAGA by Jia Effendie

Adam dan Hilya gak sengaja bertemu. Tapi kemudian berpisah karena urusan pekerjaan…. Ketemu lagi di tempat yang gak disangka-sangka. Keduanya sama-sama cinta, namun sayangnya salah satu dari mereka gak ada yang berani mengutarakan perasaan.

Judul : Singgah

Pengarang : Jia Effendie, dkk.

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal Halaman : 232 Halaman

ISBN : 978-979-22-9217-6

Rating Pribadi : 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s